Berita

Published on October 9th, 2019 | by humas

0

KETUA TP PKK BANJAR BUKA SOSIALISASI LPKA RAMAH ANAK

Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Pengendalian Penduduk, keluarga Berencana, pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan sosialisasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Guest House Sultan Sulaiman Martapura, Rabu (9/10) pagi.

Saat membuka kegiatan, Ketua TP. PKK Kab. Banjar, Hj. Raudatul Wardiah Khalilurrahman menyambut baik dilaksanakannya Sosialisasi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ramah Anak.

Dalam sambutannya dia mengatakan, sosialisasi tersebut penting dilaksanakan sebagai upaya perlindungan dan pembinaan kepada anak-anak yang telah melakukan penyimpangan perilaku atau berbuat melanggar hukum.

“Untuk melaksanakan pembinaan dan memberikan perlindungan terhadap anak pelaku tindak pidana, diperlukan adanya dukungan baik yang menyangkut kelembagaan maupun perangkat hukum yang lebih memadai. Oleh sebab itu, diperlukan adanya penyelenggaraan sistem pemidanaan anak secara khusus,” jelasnya.

Menurutnya, Anak-anak memerlukan bimbingan, asuhan maupun pembinaan, sehingga saat mereka keluar dan menghadapi masyarakat mereka telah siap bermasyarakat serta bersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat. Hal itu sendiri mengacu pada Pasal 12 Undang-Undang No 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Dia mengharapkan anak yang menjalani pembinaan di Lapas dapat memperoleh pembinaan dengan lingkungan yang ramah terhadap anak, diantaranya dengan memenuhi hak mereka untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, hak untuk berekspresi dan mendapatkan perlakuan non diskriminasi.

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) itu sendiri memiliki tujuan agar, setiap anak yang bersinggungan dengan hukum tetap memperoleh pendampingan dan pembimbingan oleh pembimbing kemasyarakatan serta pemenuhan hak sebagaimana Undang-Undang tentang Hak Asasi Manusia.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Banjar, Hj. Nency Hilman, Staf Ahli Bupati Bidang kemasyarakatan dan SDM. H. Masruri, para Kepala SKPD Lingkup Kab. Banjar, perwakilan Sekolah, Fasilitas kesehatan, organisasi wanita, BUMN/BUMD serta Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak se- Kabupaten Banjar.


About the Author



Back to Top ↑
  • AGENDA KEGIATAN

    Tidak Ada Agenda

  • INSTAGRAM

    • Jakarta Masyarakat Kabupaten Banjar mayoritas tinggal di tepian sungai Martapura
    • Pelaksanaan Jambore PKK Tahun 2019 diisi dengan berbagai kegiatan seperti
    • Apel Hari Kesadaran Nasional rutin diperingati pada tanggal 17 setiap
    • Pemkab Banjar bersama seluruh elemen mulai pejabat tokoh masyarakat mahasiswa
  • October 2019
    M T W T F S S
    « Sep    
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
  • Categories

  • PENGUNJUNG

    Hari ini: 71
  • Jadwal Kegiatan Versi Android