Berita

Published on May 27th, 2019 | by humas

0

MELALUI SAFARI RAMADHAN KECAMATAN ASTAMBUL BUPATI BANJAR SAMPAIKAN BEBERAPA PROGRAM KEGIATAN PEMBANGUNAN

Bupati KH Khalilurrahman bersama Forkopimda dan para Kepala SKPD kembali bersafari ramadhan. Kali ini di Mesjid Sirajul Aman Desa Sungai Alat Kecamatan Astambul, Senin (27/5) kemarin.
Sebelum buka puasa bersama warga, Bupati mengatakan, di Kecamatan Astambul tahun 2019 ini, sudah diprogramkan beberapa kegiatan pembangunan, antara lain pengadaan buku koleksi perpustakaan di SDN Pasar Jati 2, rehabilitasi Puskesmas Astambul, perbaikan jalan Desa Pingaran Ulu, Desa Pasar Jati dan Jalan Regen, peningkatan Jalan Karya Baru Desa Sungai Tuan Ulu dan Peningkatan Ruas Jalan Kaliukan – Pematang Danau Kecamatan Astambul.
”Adapun dalam sektor pertanian, tahun ini Astambul menjadi salah satu kecamatan yang dialokasikan kegiatan SERASI (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani) sebagai upaya untuk meningkatkan index pertanaman dari semula 1 kali menjadi 2 kali setahun,” katanya.

Selain itu, di Benua Anyar akan dikembangkan Cabe rawit sebanyak 2 hektar dari dana APBN, yang setiap tahun Kabupaten Banjar mendapat alokasi pengembangan cabe dari Kementrian Pertanian, dalam rangka stabilitas produksi dan pasokan kepasar.
”Karena cabe termasuk komoditas strategis yang berpengaruh terhadap inflasi. Saya mengharapkan dukungan dan partisipasi masyarakat mensukseskan kegiatan ini,” pintanya.
Pada kesempatan tersebut, Guru Khalil kembali mengingatkan, sekarang sudah memasuki musim kemarau, dia pun menghimbau agar tingkatkan kewaspadaan bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan, khususnya kawasan pertanian maupun lahan tidur.
”Kepada para petani agar tidak membakar jerami bekas hasil tani, maupun membuka lahan pertanian dengan cara membakar, karena dampak yang ditimbulkan sangat mengganggu jalur transportasi dan kesehatan,” pesannya.
Dalam mengantisipasi kejadian kemarau dan bencana tersebut, lanjutnya, Pemkab Banjar melalui BPBD siap untuk penanganan krisis air bersih kebakaran hutan dan lahan.
Pada safari ramadhan ini, juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan untuk Mesjid Sirajul Aman oleh Bupati Khalilurraan. Pemkab Banjar sendiri melalui BPKAD telah mengalokasikan Belanja Bantuan pada lembaga keagamaan yang bersifat khusus, dengan anggaran pada APBDes Perubahan Desa Sungai Alat sebesar Rp25 juta.


About the Author



Back to Top ↑
  • AGENDA KEGIATAN

    Tidak Ada Agenda

  • INSTAGRAM

    • Pelepasan Kafilah Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah Porsadin yang
    • Pemerintah Kabupaten Banjar kembali berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui sektor
    • Sebagai salah satu negara terbesar dalam penyediaan jasa tenaga kerja
    • pengurus Asosiasi Kabupaten Askab Kabupaten Banjar periode tahun 20192023 resmi
  • June 2019
    M T W T F S S
    « May    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Categories

  • PENGUNJUNG

    Hari ini: 73
  • Jadwal Kegiatan Versi Android