Berita

Published on April 17th, 2017 | by humas

0

PEMKAB BANJAR MENGGENJOT PENINGKATAN PENDAPATAN DAERAH

Berbagai upaya dilakukan Pemkab Banjar untuk menggenjot peningkatan pendapatan daerah. Selain melahirkan sejumlah regulasi yang mengatur tentang pendapatan daerah, juga rutin digelar rapat koordinasi yang menghadirkan para Perangkat Daerah di Kabupaten Banjar.
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Nasrunsyah dalam memimpin rapat mingguan di aula Barakat, pemkab Banjar, Senin (17/4) mengatakan, untuk memastikan seluruh perangkat daerah mampu meraih target pendapatan yang telah direncanakan. Ada beberapa output yang dihasilkan dari rapat ini yaitu untuk menghasilkan target pendapatan yang telah ditetapkan dalam APBD terealisasi dengan baik, serta menghasilkan berita acara yang berisi tentang komitmen dalam pencapaian target yang telah disepakati.
Di tempat yang sama, Sekda Banjar menyatakan, selain DAK dan DAU dari Pusat, pendapatan asli daerah (PAD) mempunyai peranan penting dalam menopang pembangunan daerah. PAD menjadi salah satu pilar kemandirian suatu daerah. Sebab PAD merupakan sumber pendapatan daerah yang berasal dari kegiatan ekonomi daerah itu sendiri. Kontribusi yang dicapai dari PAD dapat terlihat dari seberapa besar pendapatan tersebut disalurkan untuk membangun daerah agar lebih berkembang dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dilanjutkan, hingga saat ini Kabupaten Banjar telah memiliki sejumlah Peraturan Daerah yang menjadi landasan penerimaan pendapatan daerah. Untuk itu Sekda meminta adanya peningkatan kinerja perangkat daerah, ASN pengelola pajak daerah dan retribusi daerah, serta tetap melakukan koordinasi internal dan eksternal bagi upaya pencapaian target pendapatan yang telah ditetapkan. ‘’Melalui pertemuan ini saya berharap kita bersama-sama dapat melakukan analisis potensi-potensi yang ada di daerah dan merencanakan pengembangan potensi tersebut sebagai pemasukan daerah. Peningkatan pendapatan daerah ini penting, karena kita masih membutuhkan anggaran untuk mendukung pembiayaan pembangunan infrastruktur strategis dan prioritas, seperti, RSUD, jalan, gedung OPD, pasar, dan lain-lain. Tentu upaya peningkatan pendapatan asli daerah tersebut, tetap mempertimbangkan kondisi perekonomian daerah kita,’’ tuturnya.
Hal tersebut dilakukan demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah.(TOHAL).


About the Author



Back to Top ↑
  • AGENDA KEGIATAN

    • Thu
      23
      Nov
      2017

      Workshop Pemberdayaan PDAM Pasca Rekstruktrurisasi dalam rangka Peningkatan Kinerja dan Perbaikan Manajemen Keuangan PDAM

      08.00 WibHotel Royal Bogor Jabar

      Yang Menghadiri : Sekda

    • Thu
      23
      Nov
      2017

      Haul ke 18 KH Rosyad

      09.00 WitaJl Kubah Murung Kenanga Tunggul Irang Seberang Martapura

      Yang Menghadiri : Wakil Bupati

    • Thu
      23
      Nov
      2017

      Sarasehan Nasional Pengembangan Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional KPPN dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Komitmen Pengembangan KPPn

      18.00 WibGrand Inna Kuta Hotel Jl. Pantai Kuta Bali

      Yang Menghadiri : Bupati

  • Jadwal Kegiatan Versi Android

  • November 2017
    M T W T F S S
    « Oct    
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Categories

  • PENGUNJUNG WEBSITE

  • PENGADUAN MASYARAKAT

  • PENGUNJUNG

    Hari ini: 0