Berita

Published on July 11th, 2018 | by humas

0

TP PKK BANJAR DUKUNG SUKSESKAN KAMPANYE IMUNISASI CAMPAK DAN RUBELLA DI BUMI SERAMBI MEKKAH

Pemerintah Kabupaten Banjar bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan sosialisasi Lintas Sektor Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) di Aula Barakat, Rabu (11/7) Martapura. Sosialisasi ini pun mendapat dukungan dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar.
Dalam sambutannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Sosialisasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Dinas Kesehatan tersebut.
“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi dilaksanakannya Sosialisasi Lintas Sektor Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) pada hari”, ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Banjar.
Sebelum membuka kegiatan sosialisasi, Hj Raudathul Wardiyah mengajak jajaran SKPD terkait, organisasi masyarakat sipil, serta lembaga-lembaga swadaya masyarakat di Kabupaten Banjar, untuk turut serta berpartisipasi dan berkontribusi mensukseskan kampanye nasional Imunisasi Campak atau MR (Measles Rubella) Massal, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus sampai September 2018 di Posyandu, Polindes, Puskesmas Pembantu, dan Pos Imunisasi lainnya di Kabupaten Banjar.

Measles Rubella (MR) atau yang dikenal dengan penyakit campak ini merupakan penyakit yang menyebabkan komplikasi serius, seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, bahkan kematian.
Berdasarkan laporan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikhwansyah, jumlah kasus campak dan Rubella di Kabupaten Banjar sepanjang tahun 2016 sampai 2017 terdapat sebanyak 78 kasus penderita.
Menurutnya hal itu disebabkan beberapa faktor, yang salah satunya kurangnya kesadaran serta rasa takut masyarakat untuk melakukan Imunisasi yang dikarenakan, beberapa hal, seperti isu negatif terkait imunisasi yang merebak dimasyarakat melalui berbagai media.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, selain melakukan sosialisasi pihaknya akan memberikan Imunisasi secara gratis dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai usia dibawah 15 tahun dengan jumlah anak di Kabupaten Banjar sebanyak 153.808 orang.
Ikhwansyah memastikan kepada masyarakat, bahwa imunisasi itu penting dan paling efektif untuk pencegahan. “cara paling efektif untuk mencegah dan agar kita terlindung dari penyakit Campak dan Rubella adalah dengan Imunisasi”, ujar Kepala Dinas Kesehatan Kab Banjar.
Pada rangkaian pembukaan sosialisasi, Ketua Tim PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan H M Muslim, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Ikwansyah, dan para pihak Kemenag Kab Banjar, sekolah dan pondok pesantren melakukan penandatanganan komitmen Dukungan Lintas Sektor Kampanye Imunisasi MR.
Selain itu, mereka juga menyaksikan penandatanganan Komitmen Dukungan Lintas Sektor Kampanye Imunisasi MR yang dilakukan oleh seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Banjar. (Reza)


About the Author



Back to Top ↑
  • AGENDA KEGIATAN

    Tidak Ada Agenda

  • Jadwal Kegiatan Versi Android

  • November 2018
    M T W T F S S
    « Oct    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    2627282930  
  • Categories